Home » » What is Spoof?

What is Spoof?

Written By Admin on 13 February 2014 | 2/13/2014 01:56:00 AM


Spoof Text adalah salah satu bentuk text types bahasa Inggris yang harus dipelajari siswa dan siswi SMA atau MA khususnya kelas XI disamping narrative dan hortatory exposition. Umumnya pelajar menyukai jenis teks yang satu ini karena memiliki sifat lucu dan tidak terduga. Karena adanya sifat lucu inilah sering kita menganggap spoof text sama dengan lelucon, humor, anecdote, parody, atau funny story. Apa memang benar adanya begitu? Mari kita teruskan pembahasan definisi spoof text ini

Setiap cerita lucu bukan berarti pasti Spoof Text
Definition and Social Function of Spoof
Apa sebenarnya teks spoof dalam bahasa Inggris itu? Kalau kita merujuk pada beberapa kamus online, kata spoof didefinisikan sebagai berikut:
dictionary.cambridge.org memberikan arti kata spoof sebagai noun yaitu:
a funny and silly piece of writing, music, theatre, etc. that copies the style of an original work
merriam-webster.com mendefinisikan kata spoof sebagai verb dengan arti:
1:  deceive, hoax  2:  to make good-natured fun of
 Dari dua kamus terkenal diatas kita mendapati beberapa arti dari kata spoof yaitu "funny" dan "deceive" Apakah dari definisi 2 kamus besar diatas kita sudah memahami what is spoof text itu? Tentu belum selain kita mungkin hanya mengetahui bahwa spoof punya arti sebagi lelucon dan mengecoh.

Spoof text mempunyai peran utama sebagai cerita atas peristiwa yang telah terjadi dan cerita itu mempunyai sifat lucu:
Spoof is a text which tells factual story, happened in the past time with unpredictable and funny ending. Its social function is to entertain and share the story.
Bawah teks berjenis spoof ini didefinisikan sebagai teks yang menyatakan sebuah cerita yang telah terjadi dan cerita tersebut mempunyai akhir yang tidak diduga. Tujuan utama ditulisya spoof text adalah untuk menghibur dengan cerita lucu tersebut.

Lebih lanjut Priyana (2008) dalam BSE Interlanguage: English for Senior High School Students memeberikan pengertian teks spoof sebagai berikut:
Spoof is a type of story which has a twist (funny part in the end of the story). It contains an
unpredictable event which makes the story funny.
Spoof text berarti sebuah model cerita yang mempunyai unsur twist, yaitu bagian akhir cerita yang lucu. Twist ini harus tidak terduga sehingga membuat cerita tersebut terkesan lucu.Pejelasan lebih lanjuta tentang twist dalam spoof text bisa dibaca disni

Generic Structure of Spoof
Setiap jenis teks bahasa Inggris mempunyai susunan yang berbeda-beda. Dalam rangkah pembelajaran genres, pengetahuan atas perbedaan susunan schematic ini dipandang sangat perlu supaya kita mampu membedakan antara jenis teks yang satu dengan jenis yang lainnya. Untuk itu mari kita lihat susunan generic teks spoof berikut:

1. Orientation
Paragraf ini berisi informasi pelaku cerita. Siapa yang telibat dalam cerita tersebut. Kalau cerita itu ditulis panjang akan diikuti dengan informasi tempat dan waktu. Jadi sederhananya Orientation akan menjawab pertanyaan who, where, dan when atas cerita teresbut.

2. Events
Paragraf selajutnya akan berisi informasi peristiwa apa saja yang telah terjadi. Hal-hal apa saja yang dilakukan oleh si pelaku cerita. Umumnya rentetan peristiwa dalam teks spoof akan diatur berdasarkan urutan waktu.

3. Twist
Paragraf terakhir dari teks berjenis spoof akan menyajikan peristiwa atau keaadaan untuk mengakhiri cerita. Disinilah kekuatan dari teks spoof ini bahwa akhir cerita harus bersifat tak terduga, tak disangka-sangka bagi pembacanya.

Melihat dari generic structure diatas, sebenarnya spoof text sangat mirip dengan recount text. Apa yang membedakannya adalah cara penulis dalam mengakhiri cerita. Jika ingin tahu persamaan dan perbedaan kedua jenis teks bahasa Inggris tersebut, lihat disini.

Language Feature of Spoof
Disamping perbedaan generic structure, setiap jenis teks bahasa Inggris juga mempunyai unsur kebahasaan yag berbeda-beda. Spoof text mempunyai language feature sebagi berikut:
1. Focusing on people, animals or certain things
2. Using action verb; ate, ran, etc
3. Using adverb of time and place
4. Using simple past tense
5. Told in chronological order

Ciri kebahahasaan ini sifatanya adalah "commonly" atau "umumny" sehingga mungkin suatu waktu kita mendapati contoh spoof text yang mengandung semua ciri kebahasaan seperti diatas. Numun bukan tidak munkin suatu kali kita juga membaca teks model spoof ini dan tidak mendapati satu atau beberapa dari ciri bahasa tersebut.


Share this article :

8 comments:

  1. could u give the example of spoof text?

    ReplyDelete
  2. could u give more about the spoof text ??

    ReplyDelete
  3. thanks a lot y. .

    ReplyDelete
  4. Spoofs are a form of narrative.

    ReplyDelete
  5. thank you very much

    ReplyDelete
  6. thx a lot pal...

    ReplyDelete
  7. Revised the definition of spoof text. "Spoof is a text which tells factual story, happened in the past time with unpredictable and funny ending" should be "Spoof is a text which tells factual story or imaginary..."

    ReplyDelete
  8. teks spoof dalam pelajaran genres bahasa Inggris masuk dalam kategori teks cerita disamping ada narrative dan juga recount. Cerita disini lebih specific adalah sesuatu yang telah terjadi atau yang biasanya kita sebut sebagai pengalaman hidup. Materi dari ketiga maca crita diatas adalah sama yaitu peristiwa yang telah terjadi. Perbedaan diantara ketiga jenis teks diatas adalah cara penyusunananya yang lazim kita sebut generic structure

    ReplyDelete

All comments will be moderated before published - Mohon pengertianya!!!

Popular Posts

Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. English Direction - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger